Adakah seorang murabbi ‘zalim’ kepada mutarabbi? Saya rasa ada. Paling tidak melakukan kelalaian, atau tidak memenuhi hak mutarabbinya. Tarbiyah jamaah yang tidak jalan, dengan menggantungnya keberjalanan tarbiyah. Idealnya, minimal setiap minggu bagi mutarabbi haruslah ada tarbiyah (liqoat). Dan rata-rata dari diskusi saya dengan rekan-rekan liqo, absen atau tidak liqo 2 pekan (dengan jadwal liqo 1 kali per pecan), akan terasa pengurangan ruhiyah. Meski tak menutup kemunhgkinan bisa engan tarbiyah dzatiah (tarbiyah diri).
Apalagi jika lebih dari 3 kali seseorang absen dalam liqo, maka ketika akan memulai ikut lagi liqo, akan teasa besar perlu energy. Malas, segan dan malu bercampur. Kecuali kader tingkat tinggi.
Tulisan ini ana dedikasikan untuk para murabbi yang kesulitan mengaktifkan kelompoknya (terutama ana). Ayo, hati…marilah miliki rasa takut dengan amanah. Ada kewajiban yang harus ditunaikan. Ada hak seseorang yang harus kau penuhi. Jadwalmu pun tak sesibuk Hasan Al Banna atau Rahmat Abdullah, Allahu yarham… yang meski sesibuk beliau menjalani aktivitas, masih memperhatikan liqo.
Jangan digantung. Engkau tetap bertanggungjawab dengan ruhiyah mutarabbi mu. Ayo berhitung berapa lama sudah tidak jalan liqo mu. Sudah berpa minggu atau bulan? Masya Allah… Harus ada kejelasan, apakah memang tak bisa dipertemukan jadwalmu dengan jadwal mereka? Dan kalaupun tetap tak bisa jadwal didapat, PINDAHKAN LIQO MEREKA. Daripada terkatung-katung menunggu bertemunya jadwalmu dengan mereka dan ternyata tak ketemu-ketemu. Takutlah dengan gagalnya engkau mentarbiyah mutarabbi mu karena kurang seriusmu dan tak optimalmu amanah dengan tanggungjawab ini. Wisma iqra, 21 januari 2010 6:37 am





Comments (3)

On 23 Januari 2010 pukul 04.08 , padil rmc mengatakan...

semoga kita bisa lebih optimal dalam membina. tak peduli apakah dengan banyak dan tingginya amanah kita. ketua ya ketua tp liqo harus lancar, kasihan mereka jika kecewa dengan kita tapi yang kena manhaj kita..
karena ketakmengertian

 
On 12 Februari 2010 pukul 07.29 , Dedy Saputra mengatakan...

uda cariin murobbi untuk aku ya uda??
kalo ada skalian sama wisma yang ada tarbiyah di dalamnya:

DEDY saputra
07 135 069
fisika basic science
unand

 
On 12 Februari 2010 pukul 07.32 , Dedy Saputra mengatakan...

assalamu 'alaikum uda

mw mintak tolong kk, carikan aku murobbi ya kk?
terus kalo ada wisma yang didalamnya ada tarbiyah aku mau gabung..

DEDY saputra
07 135 069
fisika basic science
unand

tolong konfirmasi lebih lanjut ya kk

maksiiiih banget..!!